Perlukah Perusahaan Skala Kecil Menggunakan Payroll System?

payroll sistem

source google.com

Membayarkan gaji karyawan sudah menjadi kewajiban utama bagi perusahaan. Hal ini sudah diatur dalam UU Ketenagakerjaan tahun 2003. Khusus bagi perusahan besar yang memiliki banyak karyawan, menggunakan payroll system tak lagi asing. Sebab, payroll system dapat memproses gaji karyawan dengan cepat dan akurat. Namun, bagaimana dengan perusahaan kecil yang jumlah karyawannya masih cenderung sedikit? Apakah masih membutuhkan payroll system? Check this out!

Dinamika Perusahaan Skala Kecil

Namanya saja perusahaan kecil, tentu saja jumlah karyawan dan kegiatan operasionalnya pun cukup terbatas jika dibandingkan perusahaan berskala besar. Namun begitu, bukan tak mungkin bahwa perusahaan kecil dapat mengembangkan usahanya lebih besar. Untuk mengembangkan usaha, perusahaan perlu memusatkan fokus dalam hal pengembangan kualitas tenaga kerja agar produksi semakin meningkat dan memenuhi kebutuhan pasar.

Pengelolaan karyawan dalam sebuah perusahaan adalah tanggung jawab HRD. Total staf HRD dalam perusahaan kecil sangatlah sedikit. HRD pun sering dibuat pusing dengan berbagai kesulitan administrasi. Salah satu adalah penggajian yang melibatkan banyak komponen gaji dan perhitungan yang rumit. Ketika HRD menghadapi perhitungan yang rumit, fokus dapat terpecah dan membuat kinerja HRD tidak lagi efektif. Padahal, HRD dalam perusahaan kecil perlu lebih fokus untuk mengelola karyawan dalam aspek kinerja agar mampu mengembangkan bisnis lebih optimal.

Baca Juga: Tips Bikin Proposal Usaha yang Powerfull & Menarik Investor

Kendala Penggajian di Perusahaan Kecil

Penggajian adalah bagian dari tugas administrasi perusahaan dan bukan bagian dari proses inti perusahaan. Namun, perusahaan tidak boleh mengabaikan aspek penggajian. Sedikit saja kekeliruan dalam penggajian, akanĀ  menyebabkan masalah lain yang cukup besar. Berikut ini gambaran singkat dari kendala penggajian yang dihadapi perusahaan kecil:

  1. Kesalahan input,
  2. Kesalahan hitung,
  3. Dokumen tercecer,
  4. Minimnya integrasi,
  5. Mudah dimanipulasi, dan lain-lain.

Tuntaskan Rumitnya Penggajian dengan Payroll System LinovHR

Ada cara lain yang lebih mudah untuk memproses penggajian, yaitu dengan menggunakan payroll system dari LinovHR. Implementasi payroll system LinovHR juga dapat memusatkan penyimpanan data dan informasi penggajian dengan aman dan rahasia. Ucapkan selamat tinggal kepada tumpukan dokumen yang memenuhi meja dan lemari arsip HRD.

Kerumitan penggajian membuat HRD tidak dapat memfokuskan diri terhadap pengelolaan karyawan. Berbagai komponen gaji seperti jabatan, posisi, tunjangan, pajak, iuran BPJS, dan lain-lain dapat diproses secara cepat dan akurat. Selesai melakukan perhitungan gaji, HRD dapat langsung mentransfer gaji ke rekening tiap-tiap karyawan sehingga karyawan dapat langsung menerima gaji tepat waktu. Dengan begitu, HRD punya waktu lebih untuk menyusun perencanaan tenaga kerja yang lebih efektif dan efisien. Untuk informasi lebih lanjut mengenai payroll system, hubungi LinovHR sekarang juga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Salam Dahsyat,

Terima kasih telah mengunjungi TDX ( The Art of Persuasion).

Yuk tingkatkan kemampuan Public Speaking - Communication Skill - Negotiation Skill anda bersama TDX.

Klik icon whatsapp dibawah ini
Powered by